Minggu, 04 Desember 2016

Landasan Pendidikan


Pengertian Landasan Pendidikan

Pengertian Landasan
 

Apabila kita membuka Kamus Besar Bahasa Indonesia, akan ditemukan bahwa istilah landasan diartikan sebagai alas, dasar, atau tumpuan, (Balai Pustaka, 2005:633). Selain itu, istilah landasan dikenal juga dengan sebutan fondasi. Mengacu kepada pengertian tersebut, dapat kita pahami bahwa landasan adalah suatu alas pijakan atau dasar pijakan dari sesuatu hal; Suatu titik tumpu atau titik tolak dari sesuatu hal; atau suatu fondasi tempat berdirinya sesuatu hal.

Dengan adanya Landasan


 

Tanpa adanya Landasan 

 

 

 

 

 

 

Menurut sifat wujudnya dibedakan adanya dua jenis landasan:  

1. Landasan yang bersifat material

2. Landasan yang bersifat konseptual

Pesawat masuk kedalam landasan yang bersifat material, sedangkan pendidikan sendiri masuk kedalam landasan yang bersifat konseptual.

Landasan Konseptual


Landasan yang bersifat konseptual pada dasarnya identik dengan asumsi, dalam Encarta Dictionary Tools (2003) dijelaskan, bahwa asumsi adalah sesuatu yang dijadikan titik tolak; atau sesuatu yang diyakini benar, dapat berupa ide atau gagasan, kepercayaan, hukum atau peraturan. Adapun yang diyakini benar tersebut dijadikan setiap orang sebagai titik tolak dalam berfikir (misalnya saat melakukan studi pendidikan atau mempelajari konsep pendidikan). Atau dalam rangka bertindak (misalnya dalam rangka melakuka suatu praktek pendidikan). Dengan demikian disimpulkan bahwa asumsi adalah sesuatu yang dijadikan titik tolak dalam berfikir maupun bertindak.

Pendidikan

(Pendidikan menurut SISDIKNAS No 20 Tahun 2003)

 Usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

 Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, 1991

     Pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar