Senin, 05 Desember 2016

Landasan Pendidikan Karakter

Landasan Pendidikan Karakter

     Pendidikan karakter merupakan suatu tindakan manusia berupa kegiatan mendidik generasi-generasi muda atau generasi selanjutnya. Tujuannya untuk membentuk penyempurnaan diri individu demi menuju kearah hidup yang lebih baik dengan cara melatih kemampuan diri.

          Karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti "to mark" (menandai). Memfokuskan bagaimana mengaplikasikan nilai dalam bentuk tindakan atau tingkah laku. Sehingga, orang yang perilakunya jelek dikatakan orang berkarakter jelek. Dan orang yangperilakunya sesuai dengan kaidah moral, disebut berkarakter mulia. 

       Karakter adalah realisasi perkembangan positif sebagai individu yang memiliki Intelektual, emosional, sosial, etika, perilaku.

        Pendidikan karakter di sekolah merupakan aspek penting. Para peserta didik tidak cukup hanya diberi bekal intelektual. Tetapi juga harus diberikan suatu hal dalam segi moral dan spiritualnya. Dapat dimulai dengan memberikan contoh yang dapat dijadikan teladan bagi murid dengan diiringi pembelajaran seperti keagamaan dan kewarganegaraan. Sehingga membentuk individu yang berjiwa sosial, berpikir kritis, memiliki dab mengembangkan cita-cita yang luhur. Mencintai dan menghormati orang lain dan adil dalam segala hal.

         Tujuan pendidikan karakter adalah untuk menghidupkan spiritual yang ideal. Tujuan utama pendidikan yaitu, untuk membentuk karakter atau sikap yang dapat membawa kita kearah kemajuan tanpa harus bertentangan nengan norma yang berlaku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar